Sponsors Link

Contoh Profesi Akuntansi Terlengkap Secara Detail

Sponsors Link

Kontribusi orang-orang yang memiliki profesi yang berhubungan dengan akuntansi sangat besar peranannya terhadap sistem sosial ekonomi di suatu negara. Akuntansi secara umum dikelompokkan menjadi dua, yaitu akuntan publik dan akuntan intern (perusahaan). Seperti prinsip prinsip akuntansi yang mengatur tentang berbagai aktivitas yang terjadi di dalam bidang bidang akuntansi, contoh profesi akuntansi menghasilkan berbagai jenis jasa yang berguna bagi masyarakat terutama transaksi bisnis perusahaan. Berikut ini pembahasannya.

ads
  1. Akuntan atau Staf Keuangan (Financial Accountant)

Akuntan atau staf bagian keuangan memberikan informasi keuangan berupa jenis jenis laporan keuangan secara berkala untuk pengambilan keputusan yang dilakukan oleh pihak internal atau eksternal perusahaan dengan menerapkan siklus akuntansi biaya. (baca: pengertian akuntansi keuangan)

  1. Akuntan Pemeriksa (Auditor)

Auditor berhubungan dengan kegiatan pemeriksaan laporan keuangan (baca: perbedaan auditing dan akuntansi). Kegiatan yang dilakukan berhubungan dengan kebenaran suatu laporan keuangan. Hasil kerja atau kesimpulana yang  dihasilkan berguna bagi pihak pihak seperti investor kreditur, pemilik saham, dan pemerintah. Akuntansi pemeriksaan juga memeriksa catatan keuangan akuntansi berupa pengujian atas kelayakan laporan keuangan secara objektif dan tidak berpihak atau independen (bebas).

  1. Akuntan Publik (Public Accountant /External Accountant)

Profesi ini memberikan jasa sebagai profesional yang telah memiliki izin negara untuk melakukan praktik sebagai akuntan swasta yang bekerja secara independen. Tugas akuntan publik meliputi analisis laporan keuangan, audit laporan keuangan, audit pajak, dan sebagainya. Sebuah perusahaan melakukan pemeriksaan secara rutin tentang laporan keuangan sehingga laporan tersebut menjadi wajar, handal, dan memiliki daya guna yang maksimal. Akuntan publik memastikan tidak ada penyelewengan, manipulasi, tindakan yang menyimpan,g dan penyalahgunaan sumber daya di suatu perusahaan atau lembaga.

  1. Akuntan Intern (Internal Accountant)

Akuntan intern bekerja di suatu perusahaan atau organisasi tertentu yang biasanya di bagian keuangan dengan jabatan Chief Accountant (Kepala Akuntan). Terkadang ada juga akuntan intern yang menjabat sebagai income auditor yang bertanggung jawab sebagai controller dari chief accountan atau akuntan pada Presiden Direktur.

  1. Akuntan Pemerintah (Government Accountant)

Akuntan pemerintah  bekerja di lembaga pemerintahan, kementrian, dan badan usaha negara lainnya. Profesi ini diperlukan untuk melaporkan keuangan negara berupa penerimaan dan pengeluaran.

  1. Akuntan Pendidik

Akuntan pendidik seperti guru, dosen, atau pengajar akuntansi lainnya memberikan ilmu akuntansi kepada anak didik atau melakukan penelitian di bidang akuntansi.

Sponsors Link

  1. Akuntan Forensik

Akuntan forensik memiliki keahlian yang mumpuni di bidang akuntansi, audit, dan investigasi pengelolaan dana. Bidang ini termasuk karir favorit di bidang akuntansi pada masa mendatang seperti halnya auditor. Kegiatan yang dilakukan meliputi penelusuran money laundering (pencucian uang) dan kegiatan mencurigakan lainnya seperti penggelapan pajak, harta wasit, dan insurance fraud.

  1. Konsultan Pajak Keuangan (Consultant)

Konsultan pajak dan keuangan melayani atau menyediakan jasa berupa saran atau konsultasi profesional (professional advice) yang bisa memberikan respon dengan cepat berdasarkan fakta dan pengetahuan tentang klien, tujuan bersama semua pihak, keadaan. representasi klien, dan masalah teknis yang terkait.

Sponsors Link

  1. Jasa Pemberian Profesional (Advisory Service)

Jenis jasa yang diberikan oleh profesi ini berupa pengembangan simpulan, rekomendasi, dan temuan terkait keuangan untuk dipertimbangkan oleh klien tersebut. contoh dari jasa ini adalah analisis, review, dan improvement study. Contoh jasa ini adalah komentar dan review terhadap keuangan yang dihasilkan oleh klien.

Setelah mengetahui tentang contoh profesi akuntansi tentu membuka wawasan bagi orang-orang yang masih ragu untuk belajar hakikat akuntansi dan jenis jenis akuntansi secara mendalam dengan menerapkan tips belajar akuntansi dengan mudah. Hal ini juga bisa bermanfaat bagi orang-orang yang bingung untuk menentukan profesi apa setelah menerima gelar sarjana akuntansi.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Dasar Akuntansi