Sponsors Link

Perbedaan Penerimaan dan Pendapatan dalam Akuntansi yang Benar

Sponsors Link

Sebagian besar orang menilai pendapatan dan penerimaan memiliki makna yang sama. Dalam konsep dasar akuntansi sebenarnya kedua konsep tersebut memiliki makna yang berbeda. Perbedaan antara penerimaan dan pendapatan dalam hakikat akuntansi sebagai berikut.

ads
  1. Dari Segi Pengertian/Makna

Penerimaan (Income) ialah jumlah uang yang diperoleh dari penjualan dalam jangka waktu tertentu yang telah kurangi dengan harga pokok penjualan (HPP), beban, dan biaya-biaya lainnya (perbedaan beban dan biaya dalam akuntansi). Penerimaan (Income) lebih cenderung pada pengertian pendapatan bersih (net income).

Pendapatan (revenue) ialah pernyataan yang berkaitan dengan uang atau keuangan dari keseluruhan hasil usaha pokok produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan dalam suatu periode. Pendapatan (revenue) berasal dari hasil penjualan produk (barang atau jasa) dari pelanggan dan tidak berasal dari penanaman modal. Pada dasarnya, penerimaan (income) dapat diperoleh dari kelebihan pendapatan (revenue) atas biaya-biaya yang tidak dapat digunakan kembali untuk mendatangkan keuntungan pendapatan pada masa mendatang (expired cost).

  1. Contoh Penerimaan dan Pendapatan

Contoh sederhana dari penerimaan dan pendapatan sebagai berikut.

a. ¬†Cahaya menjual 10 kue yang dibeli dari pasar seharga Rp 1.000 per buah. Kue tersebut dibeli di pasar dengan harga Rp 500 per buah¬†sebagai harga pokok penjualan. Biaya operasional (transportasi) menuju pasar sebesar Rp 1000 yang akan mengurangi hasil penjualan. Pendapatan Cahaya sebesar Rp 10.000,- dari kue yang telah terjual. Sedangkan penerimaan Cahaya dari penjualan kue sebesar Rp 4.000, yaitu laba yang didapatkan dari total penjualan sebesar Rp10.000 (10 x 1.000) dikurangi harga pokok penjualan sebesar Rp5.000 ¬†(10 x 500) dikurangi biaya operasional = 1.000 atau 10.000 ‚Äď (5.000+1000) = 4.000.

b.  PT Sinar pada tahun 2015 menerima uang yang telah masuk kas dari hasil penjualan mebel sebesar Rp500.000.000. PT Sinar juga memperoleh penghasilan lain dari luar usaha penjualan mebel, yaitu dari sewa pickup yang dipakai untuk mengangkut mebel sebesar Rp.75.000.000. Pendapatan (revenue) dari PT Sinar sebesar Rp. 500.000.000, bukan Rp. 575.000.000 karena 75.000.000 tidak termasuk kegiatan operasional PT Sinar. Sedangkan penghasilan (income) PT Sinar bukan Rp. 500.000.000 karena masih dikurangi biaya produksi, upah kerja, dan lain-lain.

  1. Perhitungan Akuntansi Sebagai Sistem Informasi

Konsep tentang perbedaan penerimaan dan pendapatan terletak pada konsep kas basis dan akrual basis. Konsep kas basis berlaku untuk penerimaan, sedangkan akrual basis berlaku untuk pendapatan. Konsep kas basis berlaku untuk segala bentuk kas dan setara kas yang diterima oleh BLUD pada periode tertentu sebagai penerimaan BLUD pada periode tertentu. Konsep akrual basis berlaku pada segala sesuatu yang diakui sebagai pendapatan BLUD berdasarkan periode pendapatan, tetapi bukan saat kas diterima.

Sponsors Link

Laporan keuangan yang menggunakan konsep kas basis antara lain laporan pertanggungjawaban yang terdiri dari SPTJ Pendapatan, Realisasi Pendapatan dan Rincian Realisasi Pendapatan, Laporan Arus Kas, dan Laporan Realisasi Anggaran (LRA). Sementara jenis jenis laporan keuangan dengan konsep akrual basis terdiri dari Laporan Operasional, Neraca, Laporan Perubahan Ekuitas, dan Catatan atas Laporan Keuangan.

Itulah 3 perbedaan besar antara penerimaan dan pendapatan dalam akuntansi yang sering disamakan. Setelah mengetahui hal ini tentu akan mudah untuk memahami cara menghitung laporan laba rugi dan unsur unsur laporan keuangan.

baca: sejarah akuntansi dasar

Sponsors Link
, , ,