Sponsors Link

Contoh Profesi Akuntan Publik Terlengkap Beserta Penjelasannya

Sponsors Link

Keberadaan profesi akuntan publik di suatu negara seiring dengan perkembangan berbagai bentuk badan hukum perusahaan. Perusahaan tidak hanya memerlukan modal dari pemiliknya, namun memerlukan modal dari kreditur dan masyarakat agar bisa menjadi perseroan terbatas sehingga jasa akuntan publik diperlukan. Akuntan publik dibutuhkan oleh kreditur dan investor agar penilaian tentang perusahaan terutama terkait kondisi keuangan tidak memihak terhadap informasi yang disajikan dalam jenis jenis laporan keuangan oleh manajemen perusahaan.

ads

Akuntan publik  bekerja dengan membuka kantor akuntan publik (KAP) yang memberikan pelayanan kepada berbagai perusahaan dalam bidang audit, penyusunan siklus akuntansi, dan jasa lainnya secara independen. Akuntan publik memberikan berbagai jasa bagi masyarakat antara lain jasa assurance, jasa atestasi, dan jasa nonassurance. Contoh profesi akuntan publik sesuai tujuan akuntansi sektor publik akan dijelaskan berikut ini.

1.  Jasa Assurance

Jasa assurance adalah jasa profesional yang independen untuk memperbaiki mutu informasi bagi pengambil keputusan. Jasa atestasi terdiri dari audit, pemeriksaan (examination), review, dan prosedur yang disepakati (agreed upon procedure) sesuai prinsip prinsip akuntansi. Jasa Assurance meningkatkan kualitas informasi bagi para pengambil keputusan yang memerlukan informasi yang andal dan relevan sebagai dasar untuk pengambilan keputusan.

Para profesional yang menyediakan jasa assurance harus mempunyai kompetensi dan independensi serta menyediakan cara membaca laporan keuangan tahunan. Jasa semacam ini dianggap penting karena penyedia jasa ini bersifat independen sehingga dianggap tidak bias terhadap informasi yang diperiksa. Individu-individu yang bertanggung jawab membuat keputusan bisnis juga memerlukan jasa assurance untuk memperbaiki keandalan dan relevansi informasi yang digunakan sebagai dasar keputusannya.

2.  Jasa Atestasi

Jasa atestasi memberikan pertimbangan atau pernyataan tentang sebuah laporan usaha telah sesuai standar akuntansi keuangan. Tiga bentuk dari jasa atestasi akuntan publik, yaitu audit atas laporan keuangan perusahaan/organisasi, review catatan atas laporan keuangan, dan jasa atestasi lainnya. Jasa ini harus melaksanakan proses sistematik untuk memperoleh dan mengevaluasi bukti secara objektif mengenai pernyataan tentang kejadian ekonomi untuk menetapkan tingkat kesesuaian antara pernyataan tersebut dengan kriteria yang telah ditetapkan dan penyampaian hasil-hasilnya kepada pemakai yang berkepentingan. Pemeriksaan (auditing) yang dilakukan harus objektif terhadap jenis jenis laporan keuangan suatu perusahaan atau organisasi sehingga bisa ditentukan keadaan keuangan dan hasil usaha perusahaan atau organisasi tersebut wajar atau tidak.

Profesi ini bertanggung jawab untuk meningkatkan keandalan fungsi laporan keuangan perusahaan-perusahaan sehingga pihak internal dan eksternal perusahaan memperoleh informasi keuangan yang andal untuk memutuskan alokasi sumber-sumber ekonomi. Standar umum mengatur persyaratan pribadi auditor berupa keahlian dan pelatihan teknis yang harus dipenuhi agar seseorang memenuhi syarat untuk melakukan auditing, sikap mental yang bersangkutan dengan pelaksanaan perikatan, dan keharusan penggunaan kemahirannya dengan cermat dan seksama.

Sponsors Link

3.  Jasa Nonassurance

Jasa nonassurance tidak memberikan suatu pendapat, keyakinan negatif, ringkasan temuan, atau bentuk lain keyakinan. Jenis jasa antara lain jasa kompilasi, jasa perpajakan, jasa konsultasi. Dalam jasa kompilasi, akuntan publik melaksanakan berbagai jasa akuntansi klien seperti pencatatan transaksi akuntansi sampai penyusunan dan cara membuat laporan keuangan.

Jasa perpajakan meliputi bantuan yang diberikan kepada kliennya dalam pengisian Surat Pemberitahuan Pajak Tahunan (SPT) pajak penghasilan, perencanaan pajak, dan bertindak mewakili kliennya dalam menghadapi masalah perpajakan. Jasa konsultasi diatur dalam Standar Jasa Konsultasi terkait keuangan perusahaan atau organisasi yang terdiri dari konsultasi (consultations), jasa pemberian saran profesional (advisory service), jasa implementasi, jasa transaksi, jasa penyediaan staf dan jasa pendukung lainya, serta jasa produk.

Setelah mengetahui tentang contoh profesi akuntan publik akan membuat para pembaca lebih memahami tentang semua pekerjaan terkait jasa akuntan publik sehingga terlihat jelas bahwa bidang kerja akuntansi, dasar dasar akuntansi, dan manfaat laporan keuangan memang sangat banyak.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Dasar Akuntansi