Sponsors Link

Tugas Akuntansi Biaya UT

Sponsors Link

Pengertian akuntansi biaya adalah salah satu dari bidang bidang akuntansi yang melakukan proses pelacakan, pencatatan, dan analisis terhadap biaya-biaya yang berhubungan dengan aktivitas suatu organisasi atau perusahaan yang menghasilkan barang atau jasa. Biaya adalah pengorbanan sumber ekonomi yang telah terjadi, sedang terjadi, atau kemungkinan akan terjadi untuk tujuan tertentu yang diukur dalam satuan uang. Biaya melambangkan waktu dan sumber daya yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk melakukan proses produksi. Sedangkan pemakaian istilah beban dilakukan pada saat biaya sudah habis terpakai.

ads

Perusahaan manufaktur melakukan produksi berdasarkan pesanan dan mengolah bahan baku menjadi produk jadi. Terdapat beberapa karakteristik usaha perusahaan sebagai berikut. Pertama, proses pengolahan produk terjadi secara terputus-putus yang artinya pesanan yang satu selesai dikerjakan akan menghentikan proses produksi, kemudian mulai dengan pesanan berikutnya. Kedua, produk dihasilkan sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan oleh pemesan sehingga barang yang dihasilkan mempunyai variasi dalam berbagai hal. Ketiga, produksi ditujukan untuk memenuhi pesanan dan bukan untuk memenuhi persediaan gudang.

Karakteristik informasi akuntansi biaya berpengaruh terhadap pengumpulan biaya produksi. Metode pengumpulan biaya produksi disebut metode harga pokok pesanan yang digunakan dalam perusahaan yang melakukan produksi berdasarkan pesanan. Metode harga pokok pesanan dijelaskan sebagai berikut.

  1. Metode ini digunakan jika perusahaan memproduksi berbagai macam produk sesuai dengan spesifikasi pemesan. Setiap jenis produk harus sesuai cara menghitung harga pokok penjualan secara individual.
  2. Biaya produksi harus dipisahkan dalam dua golongan pokok, yaitu biaya produksi langsung dan biaya produksi tidak langsung.
  3. Biaya produksi langsung terdiri dari biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung. Biaya produksi tidak langsung disebut biaya overhead pabrik (BOP) terdiri dari bahan pembantu, upah karyawan, listrik, telepon, asuransi, pemeliharaan dan perbaikan, perlengkapan pabrik, penyusutan kendaraan pabrik penyusutan mesin-mesin pabrik, dan lain-lain.
  4. Biaya produksi langsung diperhitungkan sebagai harga pokok pesanan tertentu berdasarkan biaya yang sesungguhnya terjadi. Biaya overhead pabrik diperhitungkan menjadi harga pokok pesanan berdasarkan tarif yang ditentukan di muka.
  5. Harga pokok per unit produk dihitung saat pesanan selesai diproduksi dengan membagi jumlah biaya produksi yang dikeluarkan untuk pesanan tersebut dengan jumlah unit produk yang dihasilkan dalam pesanan yang bersangkutan.

Adapun tugas akuntansi biaya UT dalam sistem akuntansi biaya sebagai berikut.

  1. Perencanaan dan Pengendalian Laba

Siklus akuntansi biaya menyediakan informasi atau data biaya masa lalu yang diperlukan untuk menyusun perencanaan. Atas dasar perencanaan tersebut, biaya dapat dikendalikan yang dipakai sebagai umpan balik untuk perbaikan pada masa yang akan datang.

  1. Penentuan Harga Pokok Produk atau Jasa

Penetapan harga pokok bisa membantu dalam penilaian persediaan barang jadi dan barang dalam proses, penetapan harga jual terutama harga jual yang didasarkan kontrak, walaupun tidak selamanya penentuan harga jual dan penetapan laba berdasarkan harga pokok dalam ruang lingkup akuntansi.

  1. Pengambilan Keputusan oleh Manajemen

Setelah mengetahui perkiraan biaya yang akan dikeluarkan oleh perusahaan pada masa yang akan datang maka manajemen perusahaan bisa lebih mudah untuk membuat keputusan tentang keseluruhan kegiatan perusahaan,

Setelah memahami tentang tugas akuntansi biaya tentu akan mempermudah untuk memahami akuntansi biaya lebih lanjut seperti manfaat akuntansi biaya bagi manajemen, karakteristik akuntansi biaya, dan tujuan akuntansi biaya.

 

 

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Akuntansi Biaya