Sponsors Link

9 Fungsi Akuntansi Secara Umum yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Hakikat akuntansi (accounting) merupakan sebuah proses mencatat, menggolongkan (klasifikasi), mengolah dan menyajikan data, transaksi serta kejadian terkait keuangan sehingga hasilnya berupa laporan keuangan bisa dipakai oleh semua pihak yang membutuhkan terutama untuk pengambilan suatu keputusan terkait aktivitas perusahaan. Objek akuntansi yaitu transaksi keuangan suatu perusahaan yang ditindaklanjuti dengan pencatatan, penggolongan, dan peringkasan transaksi keuangan. Proses kegiatan akuntansi akan selesai pada akhir periode tertentu (biasanya 1 tahun) setelah penyusunan laporan keuangan selesai. Akuntansi dikatakan seni mencatat semua transaksi keuangan karena tidak ada standar baku yang harus diterapkan dalam proses pencatatan dan pengelolaan semua transaksi keuangan tetapi harus memenuhi prinsip-prinsip akuntansi.

ads

Untuk memperoleh informasi yang benar dan menyusun laporan keuangan secara komprehensif maka persamaan dasar akuntansi harus dipenuhi. Persamaan dasar akuntansi meliputi utang dan modal yang memengaruhi macam-macam harta dalam akuntansi. untuk lebih jelasnya pelajari contoh soal persamaan dasar akuntansi terlebih dahulu. Hasil dari semua proses akuntansi adalah laporan keuangan yang harus dibuat berdasarkan standar akuntansi yang berlaku. Ilmu akuntansi memaparkan tentang serangkaian kegiatan untuk mencatat, mengukur, mengidentifikasi, menyajikan dan melaporkan semua transaksi keuangan untuk memberikan informasi keuangan yang mudah dipahami oleh pihak-pihak yang memiliki kepentingan dengan perusahaan. Pihak-pihak yang berkepentingan dengan perusahaan yaitu:

a. Internal

Pihak-pihak yang memiliki kepentingan pada internal perusahaan yaitu manajer, direksi, komisaris, pemegang saham (pemiliki modal). Pihak-pihak tersebut membutuhkan informasi keuangan perusahaan untuk menerapkan kebijakan dan mengambil keputusan supaya perusahaan atau organisasi bisa terus berkembang karena memperoleh keuntungan.

b. Eksternal

Pihak eksternal perusahaan yang membutuhkan informasi keuangan yaitu pemerintah, investor, kreditur (bank), supplier, dan lainnya. Pihak investor membutuhkan laporan keuangan perusahaan untuk meninjau kondisi perusahaan sehingga bisa diambil keputusan penting pada masa yang akan datang. Pemerintah membutuhkan laporan keuangan perusahaan untuk menghitung pajak yang harus dibayarkan dan untuk meninjau seberapa sehat perusahaan sehingga datanya akan menjadi data statistik negara.

Fungsi Akuntansi Keuangan Secara Umum 

Fungsi yang paling utama dari Akuntansi yaitu menyediakan informasi keuangan suatu perusahaan atau organisasi untuk menilai kualitas kinerja dan perubahan seperti apa yang terjadi. Informasi yang dipaparkan oleh akuntansi berbentuk data kuantitatif dengan satuan ukuran mata uang. Berikut ini fungsi akuntansi secara umum.

  • Tolak Ukur Perusahaan

Setiap transaksi perusahaan yang dicatat dan dilaporkan secara akuntansi harus baik dan benar maka suatu perusahaan tergolong perusahaan yang baik dan sehat. Jika hal sebaliknya yang terjadi maka perusahaan tersebut tidak sehat. Akuntansi menjadi tolak ukur kondisi perusahaan karena penyusunan laporan sesuai standar ilmu akuntansi yang benar bisa digunakan untuk melihat keadaan perusahaan.

Sponsors Link

  • Sistem Informasi

Akuntansi sebagai sistem informasi berupa laporan keuangan harus memberi manfaat bagi para pengambil keputusan atas kondisi perusahaan saat itu sehingga akuntansi dibutuhkan untuk menyusun informasi keuangan yang akurat dan terpercaya. Fungsi sistem informasi yaitu mengumpulkan data tentang transaksi dan kegiatan bisnis perusahaan atau organisasi.

  • Pembayaran Pajak

Pajak perusahaan wajib dibayarkan kepada pemerintah karena itu termasuk kewajiban perusahaan, Jika tidak membayar pajak maka perusahaan ditutup izin usahanya oleh pemerintah. Untuk menghitung besaran pajak perusahaan diperlukan ilmu akuntansi untuk menyusun laporan keuangan yang menjadi dasar perhitungan pajak berdasarkan laba tahunan pada akhir tahun. Fungsi akuntansi keuangan bisa dirasakan untuk keperluan perusahaan.

ads

  • Pendeteksi Penyalahgunaan

Ilmu akuntansi juga bisa digunakan untuk melacak, mendeteksi, dan mencegah penyalahgunaan dana di sebuah perusahaan atau badan usaha serta pemerintahan. Laporan keuangan yang dilengkapi dengan bukti transaksi harus disusun dengan benar agar hasilnya akurat dan bisa dipertanggungjawabkan. Peran akuntansi manajemen perusahaan biasa digunakan untuk keperluan seperti ini.

  • Penetapan Aktivitas Perusahaan

Laporan keuangan yang telah rampung dan tersusun dengan baik akan memuat posisi harta, kewajiban dan modal perusahaan. Semua data harus dibuat sesuai standar SOP Akuntansi,yang benar dan akurat sehingga bisa menjelaskan kondisi keuangan perusahaan. Berpatokan dengan laporan keuangan, perusahaan bisa mengalokasikan sumber dana untuk keperluan membayar utang jangka pendek dan jangka panjang serta kebutuhan lainnya. Pada periode baru, pihak manajemen bisa menetapkan aktivitas perusahaan akan seperti apa, mengurangi biaya produksi atau justru harus meningkatkan kapasitas produksi sehingga biaya bertambah.

  • Memperoleh Tambahan Modal dari Pinjaman Bank

Jika sebuah perusahaan ingin memperoleh modal tambahan dari pinjaman bank maka salah satu syarat pengajuan pinjaman yaitu laporan keuangan perusahaan. Dengan mengetahui kondisi perusahaan maka bank bisa menilai apakah perusahaan tersebut layak untuk diberi pinjaman atau tidak. Laporan keuangan juga bisa memberi informasi tentang kemampuan perusahaan untuk membayar cicilan utang bank secara lancar dan tepat waktu hingga waktu pelunasan. Pengertian modal dan jenis-jenis modal perusahaan harus dipahami dengan baik.

  • Memudahkan Pembukuan

Perusahaan membutuhkan ilmu akuntansi yang sesuai dengan peraturan agar kondisi keuangan bisa terlacak dengan baik terutama dari segi pembukuannya. Ilmu akuntansi memudahkan pembukuan dan pencatatan semua transaksi keuangan. Akuntansi juga membuat laporan keuangan perusahaan lebih efisien terutama dengan bantuan komputerisasi.

  •  Untuk menghitung laba atau rugi perusahaan

Badan usaha atau perusahaan pasti didirikan untuk mencapai keuntungan yang sudah ditargetkan setiap tahun sehingga akuntansi dibutuhkan untuk mencatat semua transaksi keuangan sekecil apapun sehingga semua kegiatan yang telah dilakukan oleh perusahaan dalam mencapai target terlihat dengan jelas. Jika ada oknum yang tidak jujur dalam melakukan kegiatan atau transaksi keuangan juga bisa terlacak. Fungsi akuntansi biaya berperan untuk keperluan perusahaan dalam hal ini.

Sponsors Link

  • Pengendalian Investor

Dengan akuntansi, semua pencatatan transaksi keuangan bisa dilakukan sehingga laporan akhir keuangan menjadi lengkap. Dari laporan keuangan bisa terlihat kondisi modal perusahaan. Jika perusahaan ingin menambah kapasitas produksi, menambah cabang perusahaan (ekspansi) atau kegiatan lain yang membutuhkan tambahan modal maka laporan keuangan yang komprehensif sangat dibutuhkan. Tambahan modal tidak selalu dari bank tetapi lebih baik dari investor. Untuk menarik investor agar menanamkan modal maka laporan keuangan harus baik agar investor mudah untuk melihat kondisi perusahaan.

Jika kondisi perusahaan dinilai baik dan sehat pasti investor mau menanamkan modal. Tetapi jika sebaliknya maka investor tidak akan tertarik. Selain menambah investor, perusahaan juga harus mempertahankan investor yang sudah ada agar tidak menarik modalnya. Laporan keuangan yang jelas membuat perhitungan keuntungan untuk investor juga semakin mudah. Jika semua transaksi tercatat secara transparan maka investor akan tetap percaya untuk menaruh modalnya karena yakin tidak ada unsur penggelapan atau penipuan.

Fungsi akuntansi tidak hanya dirasakan oleh perusahaan tetapi juga individu sebagai pekerja di sebuah perusahaan. Akuntansi juga membantu kerja setiap orang, korporasi dan usahawan sehingga pembukuan atau pencatatan transaksi akurat dan terarah. Artikel yang membahas secara detail tentang fungsi akuntansi secara umum ini semoga bisa memberi manfaat. Selamat mengaplikasikan ilmu akuntansi dalam berbagai bidang usaha atau kegiatan ekonomi lainnya yang mendatangkan keuntungan (profit).

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Dasar Akuntansi