Sponsors Link

Tips Belajar Akuntansi Dengan Mudah dan Paling Efektif

Sponsors Link

Bagi banyak orang akuntansi adalah kata yang familiar. Terlebih akuntansi adalah sebuah pelajaran pokok di beberapa SMA jurusan IPS. Namun walaupun begitu, tidak semua orang dapat dengan mudah mempelajari akuntansi dengan mudah. Dan jika anda salah satu diantara orang-orang tersebut, berikut ada beberapa tips untuk belajar akuntansi dengan mudah.

ads

Sebelum berlanjut kepada tips untuk belajar akuntansi dengan mudah, mungkin anda harus tahu dahulu apa saja alasan yang menjadikan orang tidak menyukai akuntansi. Salah satu alasan tersebut karena menurut mereka akuntansi sangat erat kaitannya dengan logika. Sehingga bagi mereka akuntansi dan matematika tidaklah jauh berbeda karena selalu berkaitan dengan rumus dan hitung-hitungan. Padahal, akuntansi sebenarnya jauh dari kata logika dan memiliki nilai keunggulan tersendiri jika anda memahaminya. Dan tanpa berlama-lama, berikut adalah tips untuk belajar akuntansi dengan mudah untuk anda:

Baca juga:

  1. Motivasi

Salah satu hal yang menjadikan sesuatu dianggap indah adalah motivasi. Jika motivasi tersebut kuat, tantangan dalam mencari dan mempelajari sesuatu akan sangat mudah dilakukan. Hal tersebut juga berlaku dalam mempelajari akuntansi. Cari dan pahami dahulu motivasi anda untuk belajar akuntansi. Jika alasan tersebut kuat, anda bisa melanjutkan kepada tips berikutnya. Tapi jika motivasi anda hanya sekedar ikut-ikutan atau semacamnya, akan akan mengalami cukup kesulitan dalam mempelajari akuntansi ke tahap selanjutnya.

  1. Konsep Menghapal

Tidak jauh berbeda dengan pelajaran lain, akuntansi adalah pelajaran yang memiliki banyak pengertian, istilah, serta metode pemecahan. Dalam artian, akuntansi adalah pelajaran yang mengharuskan anda untuk menghapal beberapa hal dasar. Dan untuk memudahkan anda menghapal semua istilah tersebut, buatlah konsep menghapal versi anda sendiri. Menghapal akan memudahkan anda dalam memahami dan mengaplikasikan ilmu akuntansi didalam kehidupan sehari-hari.

  1. Target

Setelah anda memiliki motivasi yang kuat kenapa harus mempelajari akuntansi, selanjutnya adalah menentukan target apa yang ingin anda capai dengan mempelajari akuntansi. Apakah anda ingin menjadi seorang akuntan? Ataukah anda ingin melakukan hal yang lainnya? Target adalah salah satu ā€˜cambukā€™ yang kuat untuk anda jika anda merasa bosan dalam mempelajari akuntansi. Target inilah yang akan mengingatkan anda kenapa anda ingin mempelajari akuntansi dan bukan mempelajari hal yang lainnya.

Baca juga:

  1. Sering-Sering Membaca Buku Akuntansi

Ini adalah salah satu cara awal yang akan membantu anda dalam mempelajari apa itu sebenarnya akuntansi. Dengan membaca buku-buku atau bacaan lain yang ā€˜mengandungā€™ akuntansi akan menjadikan anda semakin familiar dengan istilah-istilah akuntansi. Dengan begitu, anda akan tahu kapan dan dalam keadaan seperti apa istilah-istilah tersebut bisa digunakan didalam kehidupan sehari-hari.

Sponsors Link

  1. Percaya Diri

Percaya diri adalah motivasi yang paling kuat dalam melakukan sesuatu. Anda harus meyakinkan diri anda sendiri bahwa anda dapat melakukan apapun tanpa adanya batasan yang dapat menghalangi dalam mempelajari akuntansi. Percaya diri adalah tentang keyakinan bahwa anda bisa melakukan sesuatu tanpa peduli seberapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mempelajarinya.

  1. Jangan Takut Salah

Banyak orang terlalu takut pada kesalahan sehingga mereka akhirnya enggan untuk mencoba. Padahal, salah bukanlah sesuatu yang harus dihindari. Justeru, dengan adanya kesalahan anda bisa belajar untuk menjadi lebih baik lagi. Begitu juga dalam mempelajari akuntansi. Jangan pernah takut mencoba untuk mulai membiasakan diri dalam menggunakan istilah-istilah akuntansi. Karena meskipun anda salah, anda akan tahu dimana atau kapan waktu yang tepat untuk menggunakan istilah tersebut diwaktu yang akan datang.

ads
  1. Bergaul Dengan Orang Akuntansi

Carilah teman yang memiliki hobi atau pekerjaan sebagai akuntan dan belajarlah darinya. Walaupun anda tidak bisa mendapatkan pekerjaan seperti dia, setidaknya anda akan mendapatkan gambaran bagaimana seorang akuntan berfikir dan berkerja. Selain itu, teman yang mengerti tentang akuntansi akan membina dan mengajari anda tips dan trik dalam menghadapi sebuah permasalahan akuntansi dengan cara yang mudah dan csepat.

  1. Jangan Terburu-Buru

Jika anda sudah mulai mengerti tentang akuntansi, janganlah pernah berfikiran untuk segera menguasainya dalam waktu singkat. Karena dengan begitu anda justeru tidak akan mendapatkan essensi sebenarnya dari akuntansi. Menjadi seorang yang mengerti akuntansi membutuhkan waktu jadi jangan terburu-buru ingin meguasainya. Karena dengan begitu, bisa saja anda akan melewatkan banyak hal yang sebenarnya lebih penting dan pokok dari akuntansi karena selalu ingin cepat selesai.

  1. Mempelajari Proses Akuntansi

Secara umum, akuntansi adalah masalah pendataan hutang dan harta yang dimiliki oleh sebuah perusahaan, baik dagang ataupun jasa. Dengan mempelajari proses akuntansi anda akan mempelajari cara menyusun sebuah informasi keuangan dengan bukti transaksi yang dimiliki oleh sebuah perusahaan atau lembaga.

  1. Mengenal Bagian-Bagian Dari Akuntansi

Setelah anda mengerti tentang istilah-istilah akuntansi dan juga prosesnya, tips belajar akuntansi dengan mudah selanjutnya adalah mengenal bagian-bagian dari akuntansi tersebut secara lebih mendalam. Seperti misalnya ketika anda sudah akrab dengan istilah Neraca, tahap selanjutnya adalah anda harus tahu apa saja bagian-bagian dari neraca dan bagaimana cara kerja dan penyusunannya. Hal yang sama juga berlaku dengan Modal, Hutang, dan yang lainnya.

Baca juga:

  1. Mempelajari Study Kasus

Tips belajar akuntansi dengan mudah selanjutnya adalah dari study kasus mengenai kasus-kasus akuntansi. Anda bisa mendapatkan study kasus seperti ini dengan mencarinya di internet. Dengan mempelajari study kasus, wawasan anda tentang seluk beluk akuntansi akan bertambah. Baik kelebihan akuntansi, kekurangan akuntansi, bahkan permasalahan yang sering dijumpai didalam menyelesaikan sebuah kasus akuntansi.

  1. Menulis Tentang Akuntansi

Tanda bahwa anda mengerti sesuatu hal adalah anda dapat dengan mudah menuliskannya dan menjelaskannya ke orang lain. Sama juga halnya ketika anda sudah merasa memahami dan mengerti akuntansi. Tahap selanjutnya adalah menuliskan apa saja yang sudah anda mengerti untuk mengukur seberapa jauh anda sudah mengerti akuntansi. Seperti yang pernah dikatakan oleh Albert Einstein, ā€œjika anda tidak bisa menjelaskannya secara singkat itu tandanya anda tidak mengertiā€.

  1. Praktik

Tips belajar akuntansi dengan mudah selanjutnya adalah praktik. Praktik adalah hal yang sangat penting karena anda akan mendapatkan pembuktian-pembuktian dari teori yang sudah anda pelajari. Selain itu, praktik adalah salah satu cara agar ilmu akuntansi yang sudah anda pelajari semakin matang karena anda akan menemukan masalah-masalah baru yang belum pernah anda ketahui sebelumnya. Masalah-masalah ini akan membuat anda berfikir ekstra untuk dapat memecahkannya dan akan menjadikan ilmu akuntansi anda semakin dalam.

Baca juga:

Sponsors Link

  1. Mencari Klien

Tips belajar akuntansi dengan mudah berikutnya adalah cobalah mencari klien yang memiliki masalah dalam pelaporan keuangan didalam usaha yang dijalankannya. Ini adalah langkah awal yang harus anda coba jika anda ingin ilmu akuntansi anda semakin matang karena pada tahap ini anda akan berhadapan dengan orang lain secara langsung. Jika mungkin dalam praktik di poin no.13 diatas anda mencoba mempraktikan akuntansi untuk memecahkan permasalahan keuangan pribadi, dengan memiliki klien yang memiliki karakter berbeda dengan anda, anda akan mendapatkan tantangan baru dalam belajar akuntansi. Dan jika anda berhasil menyelesaikan permasalahan klien ini, kemungkinan anda akan mendapatkan tambahan ā€˜uang jajanā€™ bisa saja terjadi.

  1. Jangan terlalu keras

Tips belajar akuntansi dengan mudah yang terakhir adalah jangan terlalu keras dalam mencoba. Seperti dijelaskan diatas, jangan pernah terburu-buru dalam mempelajari akuntansi atau sesuatu apapun. Karena dengan begitu, bisa jadi anda akan menemukan pelajaran yang belum tentu anda siap pelajari pada saat itu. Jika itu terjadi, kemungkinan anda akan stress untuk memahaminya lalu berhenti belajar bisa saja terjadi.

Baca juga:

Itulah 15 tips belajar akuntansi dengan mudah yang bisa anda mulai coba besok hari. JIka anda memiliki tips lain dalam mempelajari akuntansi dengan mudah, silahkan tulis pendapat anda di kolom komentar dibawah ini. Semoga artikel ini membantu. Terima kasih.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Dasar Akuntansi