Sponsors Link

Manfaat Akuntansi Bagi Pelajar yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Sebagian besar pelajar yang terdiri dari mahasiswa di perguruan tinggi dan siswa SD hingga SMA menganggap belajar dasar dasar akuntansi itu sulit karena berhubungan dengan angka-angka. Banyak juga yang berpikir belajar akuntansi itu sekedar menghitung uang khayalan yang tidak ada secara nyata. Untuk itu harus tahu cara belajar akuntansi dengan mudah. Belajar bidang bidang akuntansi itu dapat menyenangkan jika  memiliki niat untuk benar-benar ingin menekuninya, tekun belajar sambil berlatih, sering sharing dengan teman-teman dan orang yang lebih tahu tentang ruang lingkup akuntansi supaya wawasan tentang fungsi akuntansi menjadi lebih luas.

ads

Berikut ini manfaat akuntansi bagi pelajar yang mungkin tidak disadari oleh para pelajar karena sudah menganggap akuntansi itu sulit dan membosankan.

  1. Selama perekonomian suatu negara khususnya di negara kita sendiri, yaitu Indonesia memakai uang sebagai alat pembayaran, macam macam akuntansi tentu berperan penting karena akuntansi mencatat peristiwa-peristiwa atau transaksi keuangan. Jika para pelajar bisa menguasai ilmu akuntansi dengan benar tentu akan mendapat kesempatan untuk berkarir di bidang ini.
  2. Para pelajar akan lebih mengenal bagaimana perusahaan menjalankan kegiatan setiap hari, mingguan, bulanan, dan tahunan khususnya bagian keuangan.
  3. Para pelajar bisa mengelola sendiri keuangan pribadinya dan mungkin bisa mengelola keuangan usaha kecil-kecilan sehingga tidak akan mengalami kerugian atau besar pasak daripada tiang. Masalah yang umum terjadi pada masa remaja adalah pemborosan yang tidak jelas sehingga butuh pencatatan yang lengkap tentang pengeluaran setiap hari.
  4. Para pelajar lebih memahami tentang hakikat akuntansi sehingga bisa mengelola pendapatan dan pengeluaran setiap bulan dengan baik. Para pelajar tentu saja belum bekerja sehingga pendapatan umumnya diperoleh dari orangtua. Pengeluaran yang dilakukan umumnya jajan di sekolah, belanja di mall atau tempat perbelanjaan lainnya.
  5. Para pelajar bisa menerapkan prinsip prinsip akuntansi dalam kehidupan sehari-hari dari muda hingga tua nanti sehingga konsep dasar akuntansi akan terus melekat pada dirinya dalam pengaturan keuangan.
  6. Para pelajar bisa mengetahui ciri ciri piutang menurut para ahli dan jenis jenis piutang menurut para ahli sehingga bisa mengelola uang yang mungkin pernah dipinjamkan kepada teman-teman. Sebaliknya saat membutuhkan uang tentu akan meminjam uang (berutang) dari temannya.
  7. Banyak perusahaan yang terus membuka lowongan pekerjaan untuk seorang akuntan setiap tahun sehingga masa depan seorang akuntan itu sangat menjanjikan.
  8. Ilmu akuntansi bisa terus berkembang sehingga pengetahuan tentang ilmu akuntansi bagi pelajar itu penting agar tidak salah dalam menerapkannya.

Setelah memahami tentang manfaat akuntansi bagi pelajar tentu akan lebih mudah untuk memahami manfaat akuntansi secara umum. Tidak perlu lagi merasa enggan atau malas untuk belajar akuntansi karena sudah tahu manfaatnya yang sangat banyak. Coba bandingkan diri sebelum belajar akuntansi dengan benar dan sungguh-sungguh, kemudian rasakan perbedaannya setelah paham tentang akuntansi. Tidak ada yang sulit di dunia ini asalkan ada kemauan dan keyakinan untuk menjadi bisa dan terbiasa. Jadi, tidak usah ragu lagi untuk mendalami akuntansi agar bisa memiliki masa depan yang cerah di bidang ini.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Dasar Akuntansi