Sponsors Link

Fungsi Akuntansi Keuangan Terlengkap

Sponsors Link

Akuntasi adalah bagian dari ilmu ekonomi yang berperan penting dalam segala bentuk kegiatan ekonomi. Seorang akuntan wajib melakukan pencatatan transaksi. Yang dimaksud pencatatan Transaksi adalah tahap yang diawali oleh perencanaan, pelaksanaan hingga pengawasan keuangan dalam suatu perusahaan. Perkembangan ilmu akuntansi semakin lama semakin diperhitungkan. Akuntansi dianggap sebagai tolak ukur dalam membantu menyelesaikan berbagai permasalahn keuangan. Fungsi yang sangat vital inilah yang membuat akuntansi dari tahun ke tahun semakin diminati.

ads

Bukan hanya para pemegang keuangan perusahaan-perusahaan besar, wirausahawan menengah, ataupun mahasiswa, siswa sekolah menengah atas pun begitu tertarik dalam mempelajari ilmu akuntansi. Sudah sejak 5 tahuh terakhir jurusan favorit yang ada di kampus negeri ataupun swasta diduduki oleh akuntansi sebagai peringkat atas. Tawaran kerja yang mumpuni dalam bidang Akuntansi dianggap sebagai faktor utama para siswa lulusan sekolah menengah atas memilih jurusan ini. Akuntansi terbagai menjadi beberapa fungsi dan Jenis tetapi kali ini kami akan menguraikan dan menganalisa fungsi akuntansi keuangan. Selamat belajar!

Pengertian akuntansi keuangan

Pengertian Akuntansi keuangan adalah sejumlah proses penulisan laporan keuangan mulai dari tahap awal penyusunan hingga analisis semua laporan keuangan sesuai dengan kondisi yang ada. Atau kita bisa menyebut akuntansi keuangan sebagai upaya laporan transaksi keuangan seperti aset, hutang dan sebagainya yang dilaporkan kepada semua pihak internal perusahaan serta sebagai pelaporan kepada pemegang saham, kreditor dana dan pihak eksternal lain.

Akuntansi keuangan juga bisa disebut sebagai suatu proses yang membuat dan menyelesaikan informasi tentang pencatatan transaksi-transaksi keuangan, menyusun ke dalam bentuk laporan serta melaporkannya kepada perusahaan. Akuntansi Keuangan ditekankan pada suatu bentuk manifestasi informasi pelaporan transaksi keuangan kepada pihak luar. Seorang akuntan keuangan haruslah dapat mencerminkan suatu bentuk pertanggungjawaban dana yang diberikan oleh para penyedia dana dari pihak pemegang saham atau penyedia dana perusahaan. Berikut adalah fungsi akuntansi keuangan yang lengkap beserta penjelasannya.

Fungsi akuntansi keuangan

Pada umumnya fungsi dari pengertian akuntansi keuangan adalah melaporkan semua informasi mengenai keuangan suatu perusahaan. Semua informasi tersebut dapat digunakan untuk mengetahui porsi keuangan dan segala hal yang terjadi pada transaksi keuangan. Selain itu dari beberapa fungsi manajemen perusahaan,  juga membutuhkan informasi ini sebagai acuan yang digunakan dalam mengambil keputusan yang berpengaruh besar terhadap keadaan perusahaan di masa yang akan datang. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai fungsi akuntansi keuangan, mari kita ulas sebagai berikut :

  • Untuk memeriksa keuntungan maupun kerugian pada suatu perusahaan. Yang dimaksud memeriksa disini adalah seoarang akuntan keuangan harus melihat, merinci serta menghitung berapa banyak keuntungan dan kerugian yang terjadi pada perusahaan tersebut. Keuntungan dan kerugian sangatlah dibutuhkan suatu perusahaan guna memprediksi potensi untung di masa mendatang dan mencegah adanya kerugian.
  • Sebagai bentuk pelaporan kepada manajemen perusahaan. Sebagai seorang akuntan tentunya kita diberikan suatu bentuk pertanggung jawaban bukan hanya pihak eksternal seperti pemegang saham atau penyedia dana tetapi juga pihak internal perusahaan seperti manajemen perusahaan maka sudah sepatutnya manajemen perusahaan mengetahui segala bentuk informasi keuangan. Informasi keuangan ini adalah sebagai bentuk gambaran yang digunakan manajemen perusahaan untuk bahan evaluasi dalam mempertimbangkan langkah yang diambil oleh perusahaan.
    Sponsors Link

  • Membantu perusahaan untuk menetapkan hak bagi masing-masing pihak yang mempunyai andil dalam perusahaan, baik itu pihak dari internal perusahaan ataupun pihak eksternal perusahaan. Hak yang dimaksud adlah hak untung atau hak laba bagi penyedia dana perusahaan, hak pelunasan pinjaman bagi investor perusahaan, hak untuk pemerintah, serta hak bagi internal perusahaan yakni hak manajemen dan seluruh karyawan. Penyedia dana atau pemegang saham suatu perusahaan tidak hanya membutuhkan tetapi hak untuk menegetahui target perusahaan di masa mendtang serta memprediksi kerugian yang mungkin terjadi di masa mendatang.
  • Sebagai monitor dan controlling berbagai macam kegiatan yang terjadi pada perusahaan. Aktifitas perusahaan harus selalu diberikan pengawasan guna mencegah dan meminimalisir potensi kerugian. Pengawasan bisa dilakukan oleh pihak internal yaitu pemegang saham dan juga pihak eksternal yaitu pemerintah melalui kebijakan-kebijakan ekonomi bagi setiap perusahaan.
  • Agar dapat membantu perusahaan mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Tentunya dari awal para pihak perusahaan sudah menentukan tujuan atau target yang digunakan sebagai acuan, maka seorang akuntan wajib untuk memberikan informasi transaksi keuangan agar perusahaan dapat menganalisa, mengevaluasi dan mencapai target yang sudah ditentukan.
    ads

Fungsi akuntansi keuangan menurut jenis laporan

Neraca

  • Melaporkan dan menjelasakan posisi keuangan perusahaan pada tanggal yang sudah disepakati
  • Menyerahkan informasi sumber-sumber keuangan yang digunakan untuk membiayai suatu perusahaan
  • Melaporkan informasi pemakaian dana perusahaan sebagai investasi perusahaan

Laporan laba rugi

  • Sebagai acuan kemampuan keefektifan dan keefisien manajemen perusahaan dalam mengolah kegiatan-kegiatan perusahaan.
  • Sebagai ujung tombak perusahaan dalam mengalokasikan dana atau modal perusahaan yang diberikan pleh penyedia dana perusahaan.
  • Merancang dan membuat konsep untuk mendapatkan laba di masa mendatang

Laporan perubahan modal

  • Dapat digunakan untuk melihat dan mengetahui perubahan aktiva
  • Dapat digunakan untuk melihat dan mengevaluasi berbagai perubahan kewajiban perusahaan
  • Dapat digunakan untuk mengetahui kinerja suatu perusahaan

Laporan aliran kas

  • Memberi kemudahan para investor dan kreditur dalam menganalisa jumalh kas yang diterima dan ditanam oleh perusahaan
  • Bersama-sama manajemen melakukan perkiraan resiko kerugian yang munngkin terjadi di masa mendatang

Fungsi akuntansi berdasarkan peranannya

  • Sebagai wadah mengambil dan mengumpulkan informasi transaksi yang terkait dengan kegiatan keuangan perusahaan seperti transaksi modal dan investasi, transaksi penjualan dan pembelian barang, dan transaksi lainnya
  • Sebagai sarana untuk menyediakan laporan transaksi keuangan bagi pihak eksternal. Laporan ini berguna sebagai acuan pihak eksternal dalam menentukan dan mengambil segala macam keputusan bagi perusahaan
  • Sebagai bentuk pengawasan dari internal perusahaan bilamana ada kecurangan atau penyelewengan yang dilakukan oleh pihak perusahaan.

Fungsi laporan keuangan bagi pihak eksternal

  • Pemegang saham :¬†Sebagai acuan pemegang saham untuk menilai kemampuan perusahaan dalam mengelola laba dan meminimalisir kerugian yang mungkin terjadi di masa mendatang.
  • Investor :¬†Sebagai acuan ivestor dalam memperkirakan dana yang sesuai bagi perusahaan untuk menanmkan investasi atau modal di suatu perusahaan.
  • Kreditur :¬†Sebagai acuan kreditur dalam menilai perusahaan untuk membayar imbalan jasa dan pembayaran Hutang Pokok saat jatuh tempo
  • Supplier :¬†Sebagai acuan pihak supplier dalam menilai perusahaan untuk membayar tagihan penjualan yang dibebankan oleh perusahaan
  • Pemerintah :¬†Sebagai pengatur dan pembuat kebijakan nasional yang berkaitan dengan hal-hal yang berkaitan dengan perusahaan.

Penjelasan diatas adalah penjelasan lengkap mengenai akuntansi keuangan mulai dari pengertian, fungsi dari akuntansi keuangan secara umum, berdasarkan jenis laporannya, berdasarkan peranannya serta fungsi akuntansi keuagan untuk pihak eksternal. Diharapkan setelah membaca artikel ini pembaca dapat mengetahui dan memahami secara lengkap fungsi-fungsi akuntansi. Kita bisa menarik kesimpulan bahwa akuntasi keuangan mempunyai peran yang signifikan bagi suatu perusahaan.

Sponsors Link
, , , ,