Sponsors Link

Rumus Rasio Rentabilitas Modal Sendiri dan Jawabannya

Sponsors Link

Rentabilitas mengukur tentang kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba selama periode tertentu. Rentabilitas terdiri dari 2 cara penilaian, yaitu rentabilitas ekonomis (earning power) dan rentabilitas modal sendiri. Rentabilitas modal sendiri adalah kemampuan perusahaan untuk bisa menghasilkan laba yang berasal dari modal keuangan milik pribadi. Rentabilitas bisa juga digunakan untuk mengukur pencapaian perusahaan untuk pengambilan suatu keputusan tentang masalah pemenuhan kebutuhan keuangan perusahaan. Para manajer harus cermat dalam mengambil keputusan untuk menggunakan bantuan modal asing secara kredit atau hanya menggunakan modal sendiri.

ads

Setiap perusahaan lebih mengarahkan kegiatan bisnisnya untuk mendapatkan titik R maksimal daripada laba maksimal. Pengertian analisis rasio keuangan rentabilitas suatu perusahaan menunjukkan perbandingan antara perolehan laba dengan aktiva atau modal yang menghasilkan laba itu. Berikut beberapa jenis perhitungan rentabilitas perusahaan berdasarkan standar akuntansi keuangan.

  • Rasio Laba Usaha terhadap Total Aktivitas = ┬áLaba Usaha / Total Aktiva
  • Perputaran Total Aktiva = Penjualan / Total Aktiva
  • Gross Margin Ratio = Laba Kotor / Penjualan
  • Net Margin Ratio = Laba Bersih / Penjualan
  • Operating Margin Ratio = Laba Usaha / Penjualan
  • Rentabilitas Modal sendiri = Laba Bersih / Modal sendiri

Rumus Rasio Rentabilitas Modal Sendiri

Rumus yang sering dipakai adalah L/M sesuai prinsip prinsip akuntansi dengan penulisan sebagai berikut.

R = L / M x 100 %

Di mana:

R  adalah rentabilitas

L adalah laba yang dihasilkan selama periode tertentu

M adalah modal atau aktiva yang dikeluarkan untuk menghasilkan laba

Rasio rentabilitas berkaitan erat dengan kelangsungan hidup suatu perusahaan. Jika nilai rasionya bagus (persentase tinggi) berarti kondisi keuangan perusahaan tergolong baik atau sehat.

Berikut contoh soal dan jawabannya.

PT AR bekerja dengan jumlah modal sebesar Rp 1.000.000 yang terdiri dari utang sebesar Rp 300.000 dengan bunga 10% per tahun dan modal sendiri sebesar Rp 700.000. Perusahaan mendapat keuntungan yang berasal dari kegiatan operasional perusahaan selama 1 tahun sebesar Rp 100.000. Berapa rasio rentabilitas modal sendiri PT AR?

Jawaban

RMS = L / M x 100 %

RMS = Rp 100.000 / Rp 1.000.000 x 100 %

= 10%

Contoh Soal Rasio Keuangan Rentabilitas

Berdasarkan Neraca PT RA diketahui sebagai berikut.

  • Saham Rp 500.000.000
  • Laba ditahan Rp 100.000.000
  • Kas Rp 25.000.000
  • Harga Pokok Penjualan Rp 1.000.000.000
  • Laba Bersih Rp 150.000.000

Hitunglah rentabilitas modal sendiri dari PT RA!
Jawab
Rentabilitas Modal sendiri = Laba Bersih / Modal sendiri x 100%
= 150.000.000 / 600.000.000
= 25%
= 0.25

Modal sendiri diperoleh dari saham ditambah laba ditahan:

Rp 500.000.000 + Rp 100.000.000 = Rp 600.000.000
Rentabilitas sebesar 0.25 atau 25% artinya setiap Rp 1 modal sendiri menghasilkan laba bersih Rp 0.25

Keberhasilan perusahaan dalam menghasilkan laba yang besar tidak terlepas dari manajemen keuangan perusahaan yang baik. Perusahaan akan lebih mudah dalam merencanakan strategi perusahaan, mengetahui jumlah utang, menghindari kesalahan pengelolaan dana, dan lain sebagainya jika kondisi keuangan sudah diketahui dengan tepat. Rasio rentabilitas menjadi tolok ukur bagi pihak manajemen untuk melihat kondisi keuangan perusahaan sehingga bisa menyusun berbagai rencana kegiatan untuk masa depan perusahaan. Manfaat mempelajari akuntansi sangat membantu dalam pemahaman tentang unsur unsur laporan keuangan.

Cara membuat laporan keuangan harus diperhatikan oleh para akuntan di setiap perusahaan karena jenis jenis laporan keuangan diperlukan oleh pihak internal dan eksternal. Rasio rentabilitas berperan dalam pemantauan perolehan laba sehingga kinerja dan fungsi laporan keuangan bisa terlihat. Perusahaan dengan manajemen yang baik biasanya selalu berhasil dalam memanfaatkan berbagai aset dan aktiva untuk meraih laba semaksimal mungkin. Jika kondisi perusahaan cukup stabil dengan jumlah dana yang cukup maka berbagai strategi bisa dilakukan untuk memajukan perusahaan.

Sponsors Link
, , , ,