Sponsors Link

Tujuan dan Manfaat Rasio Profitabilitas – Wajib Tahu

Sponsors Link

Rasio profitabilitasĀ atau rasio rentabilitas merupakan rasio untuk menilai kemampuan perusahaan dalam mencari keuntungan atau laba bersih. Rasio ini juga bisa untuk mengukur tingkat efektivitas manajemen suatu perusahaan yang ditunjukkan oleh laba yang dihasilkan dari penjualan dan pendapatan investasi.

ads

Rasio profitabilitas membandingkan antara berbagai komponen sesuai fungsi laporan keuangan terutama pengertian neraca saldo dan laporan laba rugi yang terdapat pada jenis jenis laporan keuangan. Pengukuran harus dilakukan pada beberapa periode operasi supaya bisa melihat perkembangan perusahaan dalam rentan waktu tertentu baik penurunan atau kenaikan pendapatan perusahaan sehingga bisa dicari penyebab perubahan tersebut.

Semakin tinggi rasio profitabilitas maka semakin baik karena laba bersih yang didapatkan oleh perusahaan semakin besar.Ā  Sebelum memahami tentang beberapa jenis rasio profitabilitas maka ketahui terlebih dahulu tentang tujuan dan manfaatnya agar lebih mudah untuk memahami rasio profitabilitas berdasarkan hakikat akuntansi dan standar akuntansi keuangan.

Tujuan Rasio Profitabilitas

Menurut Kasmir, tujuan penggunaan rasio profitabilitas bagi pihak internal perusahaan dan bagi pihak luar perusahaan antara lain:

  • Untuk mengetahui besaran laba yang diperoleh perusahaan dalam satu periode tertentu.
  • Untuk membandingkan posisi laba perusahaan tahun sebelumnya dengan tahun sekarang.
  • Untuk mengukur perkembangan laba dari waktu ke waktu.
  • Untuk mengukur besarnya laba bersih setelah pajak dengan modal sendiri.
  • Untuk menilai produktivitas seluruh dana perusahaan yang dipakai berupa modal pinjaman maupun modal sendiri.
  • Untuk mengetahui perkembangan laba dari waktu ke waktu.
  • Untuk menilai kinerja setiap karyawan dalam melakukan pekerjaannya.
  • Untuk mengevaluasi perkembangan atau kemunduran kinerja perusahaan sehingga bisa dilakukan upaya agar masalah yang terjadi tidak berlarut-larut.
  • Untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam memperoleh labaĀ  melalui seluruh kemampuan dan sumber yang ada seperti kegiatan penjualan, kas, modal, jumlah karyawan, jumlah cabang dan unsur unsur laporan keuangan.
  • Untuk menggambarkan tentang tingkat efektifitas manajemen dalam melaksanakan kegiatan operasional.

Manfaat Rasio Profitabilitas

Manfaat yang didapatkan oleh pihak luar perusahaan, terutama pihak-pihak yang berhubungan atau memiliki kepentingan dengan perusahaan. Manfaat rasio profitabilitas antara lain:

  • Memperoleh gambaran tentang tingkat laba yang diperoleh perusahaan dalam satu periode (satu tahun).
  • Posisi laba perusahaan tahun sebelumnya dengan tahun sekarang bisa dibandingkan dan dievaluasi.
  • Memahami perkembangan laba perusahaan dari waktu ke waktu.
  • Mendapat gambaran tentang laba bersih sesudah pajak dengan modal sendiri.
  • Produktivitas dari seluruh dana perusahaan yang digunakan baik modal pinjaman maupun modal sendiri bisa dilihat dan dijadikan patokan yang sesuai konsep dasar akuntansi untuk merencanakan kegiatan pada periode berikutnya.
    Sponsors Link

Setelah memahami tentang tujuan dan manfaat dari rasio profitabiltas maka siapapun akan lebih mudah untuk mempelajari rasio ini dan rasio-rasio keuangan lainnya yang berada dalam ruang lingkup akuntansi. Tak ada yang menginginkan perusahaannya mengalami kerugian sehingga berbagai cara dilakukan untuk mengetahui perkembangan perusahaan dengan memakai berbagai rasio keuangan.

Rasio-rasio profitabilitas biasanya dinilai oleh investor dan kreditur (bank) untuk menilai jumlah laba investasi yang akan diperoleh oleh investor dan besaran laba perusahaan untuk menilai kemampuan perusahaan membayar utang kepada kreditur berdasarkan tingkat pemakaian aset dan sumber daya lainnya sehingga terlihat tingkat efisiensi perusahaan.

Demikianlah artikel ini disampaikan, semoga bisa bermanfaat.

Sponsors Link
, ,