Sponsors Link

5 Kelebihan Akuntansi Sektor Publik Terlengkap Beserta Penjelasannya

Sponsors Link

Tujuan akuntansi sektor publik perlu disusun agar suatu pedoman akuntansi untuk organisasi pemerintahan atau sektor publik dapat diterapkan dengan mudah. Bagi orang yang baru belajar akuntansi yang menggeluti sektor publik memiliki panduan yang jelas. Standar akuntansi keuangan sektor publik memudahkan fungsi-fungsi dan tahapan siklus akuntansi sektor publik. Kegiatan akuntansi sektor publik meliputi perencanaan, konsep dasar penganggaran, realisasi anggaran, pengadaan barang dan jasa, pelaporan, audit, serta pertanggungjawaban publik.

ads

Standar akuntansi yang digunakan di Indonesia adalah Standar Akuntansi Keuangan (SAK), Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), Standar Profesional Akuntan Publik (SPAP), dan Standar Pemeriksaan Keuangan Negara (SPKN). Standar-standar tersebut menjadi acuan yang telah disepakati dan ditetapkan oleh organisasi yang berkompetensi dan berwenang dalam bidang terkait.

Kelebihan akuntansiĀ  sektor publik sangat diperlukan untuk menyediakan laporan keuangan dengan klasifikasi rekening, prosedur pencatatan, dan jurnal standar yang telah disesuaikan dengan siklus kegiatan organisasi sektor publik yang mencakup penganggaran, perbendaharaan, dan pelaporan. Standar akuntansi keuangan sektor publik dibuat dan dikembangkan sesuai dengan standar yang berlaku secara luas dan internasional agar tercapai fungsi akuntansi yang konsisten dan dapat dibandingkan bagi semua negara ataupun yuridiksi. Berikut ini beberapa kelebihan dari akuntansi sektor publik yang harus diketahui.

1. Menyajikan Laporan Akuntansi yang Berkualitas

Kelebihan akuntansi sektor publik dapat meningkatkan kualitas dan realibilitas laporan akuntansi yang berkaitan dengan keuangan organisasi sektor publik atau organisasi pemerintahan. Laporan keuangan yang disajikan harus berkualitas dan tidak berantakan karena berkaitan dengan pertanggungjawaban kepada pemerintah pusat dan masyarakat. Proses akuntansi publik ini harus menyajikan data dan laporan yang bisa dibaca oleh khalayak sehingga harus mudah dimengerti.

2. Memperbaiki Kinerja Keuangan dan Perekonomian
Karakteristik organisasi sektor publik harus bisa menyajikan laporan keuangan yang baik agar kinerja keuangan daerah khususnya dan negara umumnya bisa lebih baik. Laporan keuangan yang baik juga mendukung transparansi sehingga bisa diketahui tentang keadaan ekonomi secara nasional. Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Sektor Publik (SAKSP) menghasilkan sistem akuntansi dan manajemen keuangan pemerintahan yang lebih baik sehingga laporan keuangan yang dihasilkan bisa memberikan informasi yang transparan. Peramalan dan penganggaran juga menjadi lebih terpercaya karena sama baiknya dengan manajemen sumber daya ekonomis dan kewajiban.

3. Pemerintah Lebih Fokus pada Bidangnya

Pemerintah sebagai katalis tentunya lebih baik menyetir daripada mendayung dalam sistem pengendalian manajemen sektor publik. Pemerintah dan birokrasinya sebaiknya melepaskan bidang-bidang atau pekerjaan yang sekiranya sudah dapat dikerjakan oleh masyarakat. Dengan melepas bidang tersebut, organisasi atau lembaga pemerintah lebih fokus dalam mengurus bidang tertentu yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak.

4. Membuat Masyarakat Lebih Mandiri

Pemerintah harus memberdayakan daripada melayani masyarakat. Pemerintah dipilih oleh masyarakat tetapi saat ini harus membuat masyarakat bisa bertindak atau mandiri. Dengan transparansi kondisi keuangan yang disajikan membuat masyarakat lebih terdorong untuk mengurus masalahnya secara mandiri daripada tergantung terhadap pemerintah.

Sponsors Link

5. Menjadi Lebih Kompetitif

Era globalisasi harus membuat pemerintahan lebih kompetitif. Salah satu caranya adalah memasukan semangat kompetisi di dalam birokrasi. Dengan adanya penggunaan akuntansi sektor publik membuat jajaran termasuk staf pemerintah membuat laporan keuangan yang sesuai hakikat akuntansi karena ingin bersaing antarbagian. Organisasi sektor publik harus memberikan pendampingan dan penyediaan regulasi serta menyediakan barang-barang kebutuhan publik.

Setelah mengetahui beberapa kelebihan akuntansi sektor publik akan membuat para pembaca lebih mudah untuk memahami akuntansi sektor publik terutama ciri ciri akuntansi sektor publik sehingga bisa membedakannya dengan jenis jenis akuntansi lainnya.

Sponsors Link
, ,