Sponsors Link

4 Kelebihan Akuntansi Biaya Beserta Penjelasannya

Sponsors Link

Pengertian akuntansi biaya adalah salah satu dari jenis jenis akuntansi yang memiliki beberapa proses antara lain pelacakan, pencatatan, dan analisis terhadap biaya-biaya yang berhubungan dengan aktivitas suatu organisasi/perusahaan untuk menghasilkan barang atau jasa. Biaya adalah waktu atau sumber daya yang dibutuhkan untuk mengubahnya menjadi satuan mata uang yang berlaku di suatu negara.

ads

Ciri ciri akuntansi biaya untuk menghitung akumulasi biaya dalam penilaian stok barang dan hasil pendapatan. Dalam siklus akuntansi biaya yang dihitung dan diukur antara lain produk atau proses, batch dari suatu unit sejenis atau department, pesanan pelanggan, kontrak proyek, dan lini produk. Beberapa macam pendekatan akuntansi biaya adalah biaya standar (standard costing), biaya berdasarkan kegiatan (activity based costing) dan biaya hasil. Berikut ini beberapa kelebihan akuntansi biaya.

1. Menjadi Alat Untuk Monitoring Pihak Manajemen

Kelebihan akuntansi biaya menjadi alat pihak internal perusahaan khususnya manajemen untuk memonitor transaksi-transaksi yang menghasilkan biaya secara sistematis sehingga proses pengelolaan perusahaan berupa perencanaan, pengendalian laba, penentuan harga pokok produk dan jasa, serta pengambilan keputusan oleh manajemen. Akuntansi biaya  juga bisa membantu manajemen untuk meraih daya saing.

2. Sarana untuk Menentukan Harga Pokok

Sistem akuntansi biaya dipakai untuk menentukan harga pokok atas suatu produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan. Harga yang ditentukan tidak boleh terlalu tinggi atau terlalu rendah oleh konsumen. Penentuan harga pokok dilakukan dengan mencatat, menggolongkan, memonitor, dan meringkas seluruh komponen biaya yang berhubungan dengan proses produksi dari data histori yang dijadikan acuan pihak manajemen dalam penentuan harga pokok produksi.

3. Digunakan untuk Perencanaan dan Pengendalian Pengeluaran

Penentu estimasi biaya adalah data histori dengan mempertimbangkan faktor-faktor lain yang diprediksi akan memengaruhi biaya. Perencanaan dan pengendalian biaya akan memonitor terjadinya penyimpangan (selisih antara biaya sesungguhnya dengan perencanaan biaya). Pihak manajemen akan menganalisis penyebab terjadinya selisih dan melakukan tindakan koreksi sebagai bentuk pengendalian perusahaan dengan mempertimbangkan unsur unsur laporan keuangan.

4. Digunakan untuk Menentukan Komponen Biaya Produksi

Lingkungan operasional perusahaan yang kontemporer menekankan pada otomatisasi yang mengakibatkan pergeseran dari labor intensive ke capital intensive. Perhitungan harga pokok produk berbasis akivitas juga ditentukan oleh akuntansi biaya yang memberikan informasi biaya yang akurat tentang suatu objek biaya untuk mendukung pengambilan keputusan. Perubahan yang mendasar pada akuntansi biaya kontemporer adalah fokus pada aktivitas atau proses, bukan pada fungsi produksi atau unit dalam organisasi. Aktivitas ditentukan dengan menganalisis proses bisnis atau rantai nilai. Perhitungan harga pokok produk yang berbasis aktivitas dilakukan untuk menghasilkan produk yang memerlukan sumber daya yang menghasilkan biaya.

Sponsors Link

Setelah mengetahui tentang kelebihan dan ruang lingkup akuntansi biaya akan memudahkan para pembaca untuk memahami tentang perbedaan beban dan biaya dalam akuntansi. Jenis akuntansi ini sangat diperlukan oleh perusahaan karena setiap hari perusahaan mengeluarkan biaya operasional dan biaya tak terduga lainnya. Perusahaan pasti menghasilkan pengeluaran berupa biaya untuk menghasilkan pendapatan yang menguntungkan. Pengorbanan harus dilakukan untuk mendapatkan sesuatu sesuai dengan prinsip ekonomi. Perusahaan harus mampu mengeluarkan biaya seminimal mungkin untuk menghasilkan pendapatan semaksimal mungkin sehingga menjadi laba perusahaan.

baca juga: macam macam rasio dan cara membuat neraca keuangan

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Akuntansi Biaya