Sponsors Link

Pengertian Buku Kas Bank Terlengkap yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Buku kas bank adalah buku yang digunakan untuk mencatat masuk dan keluarnya uang dalam kas di bank. Buku kas sesuai fungsi akuntansi bisa berupa kuitansi, faktur, bon kontan, nota pembayaran, dan sebagainya yang akan dicatat dalam jenis jenis laporan keuangan. Nomor-nomor urut dibubuhkan pada bukti-bukti kas disebut nomor bukti kas. Selisih antara jumlah penerimaan dengan pengeluaran disebut saldo kas. Pengertian kas dan bank oleh beberapa ahli sebagai berikut.

ads

1. Menurut Munawir (1983)

Kas adalah uang tunai yang bisa digunakan untuk membiayai operasional perusahaan. Hal yang termasuk dalam pengertian kas adalah cek yang diterima dari para pelanggan dan simpanan perusahaan di bank dalam bentuk giro atau demand deposit (simpanan di bank yang dapat diambil kembali dengan menggunakan cek atau bilyet giro).

2.  Menurut Theodarus M. Tuanakotta, AK. (1982)

Kas dan bank meliputi uang tunai dan simpanan-simpanan di bank yang langsung bisa diuangkan setiap saat tanpa mengurangi nilai simpanan tersebut. Kas terdiri dari kas kecil atau dana-dana kas lainnya seperti penerimaan uang tunai dan cek-cek untuk disetor ke bank keesokan harinya.

3.  Menurut Standar Akuntansi Keuangan (2002)

Kas adalah alat pembayaran yang siap dan bebas digunakan untuk membiayai kegiatan umum perusahaan. Bank adalah sisa rekening giro perusahaan yang bisa dipergunakan secara bebas untuk membiayai kegiatan umum perusahaan.

Master kas/bank adalah form atau bentuk untuk membuat data master Kas dan Bank. Pada Kas Giro biasanya harus membuatkan kasnya yang digunakan untuk menyimpan bentuk Fisik Giro. Sedangkan buku kas dalam pencatatan transaksi keuangan dapat dikerjakan dengan cara folio (scontro) dan cara folio satu halaman (camera). Penjelasannya sebagai berikut.

1.  Cara Folio (Scontro)

a.  Cara Folio Dwi Halaman

Buku kas yang dikerjakan secara dwi halaman terdiri dari 2 buah muka halaman, yaitu halaman debet dan kredit. Penjelasan yang sesuai dengan prinsip prinsip akuntansi sebagai berikut.

1)  Halaman debet, dipergunakan untuk mencatat pemasukan atau penerimaan uang dengan menyebutkan keterangan uang itu berasal sesuai konsep dasar akuntansi. Halaman debet terdiri dari beberapa kolom sebagai berikut.

  • Mencatat tanggal pemasukan uang.
  • Mencatat keterangan dari mana uang didapat secara singkat, tetapi jelas.
  • Mencatat nomor urut dari bukti penerimaan uang.
  • Mencatat jumlah uang yang diterima pada kas pada tanggal itu.
    Sponsors Link

2)  Halaman kredit, dipergunakan untuk mencatat pengeluaran uang dengan menyebut alasan dikeluarkannya uang tersebut.

Halaman kredit terdiri dari beberapa kolom dengan penjelasan sebagai berikut.

  • Mencatat tanggal pengeluaran uang.
  • Mencatat segala keterangan untuk apa dan kepada siapa saja uang dikeluarkan.
  • Mencatat nomor urut dari buku pengeluaran uang.
  • Mencatat jumlah uang yang dikeluarkan pada tanggal itu

2.  Cara Folio Satu Halaman (Camera)

Buku kas secara halaman (camera) adalah pencatatan atau pembukuan keluar masuknya uang di dalam satu halaman yang biasa dilakukan oleh kantor-kantor kecil. Buku kas secara camera terdiri dari beberapa kolom sebagai berikut.

  • Kolom 1, dipergunakan untuk mencatat tanggal penerimaan maupun pengeluaran keuangan.
  • Kolom 2, dipergunakan untuk menuliskan penerimaan uang dengan menyebutkan sumber dan pengeluaran uang dengan menyebutkan keperluannya.
  • Kolom 3, dipergunakan untuk menulis nomor urut dari bukti kas yang ada berupa bukti kas penerimaan maupun¬†¬†pengeluaran.
  • Kolom 4, dipergunakan untuk menulis jumlah penerimaan uang.
  • Kolom 5, dipergunakan untuk menulis jumlah pengeluaran uang.
    Sponsors Link

3.  Cara Tabelaris

Buku kas tabelaris dalam ruang lingkup akuntansi disebut juga buku kas berlajur-lajur atau bergolong-golong karena di dalamnya berisi kolom/lajur menurut keperluan kantor yang bersangkutan. Pada dasarnya ini adalah perluasan dari buku kas secara folio, dimana halaman yang disebelah kiri disebut halaman debet, sedangkan halaman yang ada sebelah kanan disebut kredit.

Setelah mengetahui tentang pengertian kas bank tentu akan memudahkan untuk mempelajari kas bank dan unsur sistem akuntansi lainnya secara lebih lanjut tanpa harus bingung apakah kas bank itu sendiri. Nantikan kelanjutan tentang kas bank pada postingan-postingan selanjutnya.

baca juga: sistem pencatatan kas kecil dan prosedur pengelolaan dana kas kecil

Sponsors Link
, , ,