Sponsors Link

Pengertian Bank Umum Beserta Tugas, Fungsi dan Jenis

Sponsors Link

Pengertian Akuntansi yang beraneka ragam karena banyak yang memiliki pendapat yang berbeda Рbeda sehingga dalam akuntansi bank umum memiliki pengertian yang juga wajib diketahui karena ini memang sangat penting untuk mendalami dunia akuntansi yang dimana Bank Umum ini juga memiliki beberapa tugas, fungsi dan bahkan tujuan yang sudah seharusnya menjadi suatu aktivitas yang selalu diutamakan dari Bank Umum tersebut. Sehingga untuk lebih jelas dalam memahami dunia perbankan, maka anda harus memahami pengertian Bank Umum juga.

ads

Disini bisa kita lihat bahwa pengertian bank umum yang juga merupakan salah satu Jenis Jenis Akuntansi Keuangan tetapi dalam bank umum ini terdiri dari beberapa pendapat :

  1. Undang – Undang No. 10 Tahun 1998 : “Bank umum adalah bank yang melakukan kegiatan usaha secara konvensional atau berdasarkan prinsip syariah yang kegiatannya memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran.”
  2. Bank umum adalah suatu lembaga keuangan yang memiliki tugas yaitu untuk menghimpun dana dari masyarakat (funding) dalam bentuk simpanan dan menyalurkan kembali kepada masyarakat dalam bentuk kredit (lending), bank umum juga berfungsi sebagai agent of trust, agent of equity, dan agent of development.
  3. Para Ahli Perbankan di Negara : Bank Umum adalah sebagai institusi keuangan yang berorientasi pada laba. Untuk mencapai tujuannya tersebut bank umum melaksanakan fungsi intermediasi. Karena bank umum diizinkan mengumpulkan dana berbentuk deposito, bank umum juga disebut sebagai lembaga keuangan depositori. Bank umum juga disebut sebagai bank umum pencipta uang (giral) karena berdasarkan kemampuannya menciptakan uang (giral).
  4. Peraturan Bank Indonesia No. 9/7/PBI/2007 : Bank Umum adalah bank yang kegiatannya memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran, dalam usahanya secara konvensional atau berdasarkan prinsip syariah.
  5. Bank Umum juga sering disebut dengan bank komersial (commercial bank) dimana Jasa yang diberikan oeleh bank umum bersifat umum, itu artinya dapat memberikan seluruh jasa perbankan yang ada.

Tugas dan Fungsi Bank Umum

Akuntansi sebagai Sistem Informasi dalam dunia perbankan sehingga Bank umum sendiri juga memiliki tugas yang harus diketahui, sehingga apasaja tugas dan fungsinya maka simak penjelasan dibawah ini yang :

  1. Menghimpun dana yang berasal dari masyarakat ( funding) 
  2. Menyalurkan dana lending.

Nah untuk fungsi dari Bank Umum sendiri yaitu :

  1. Agent of Trust (Agen Kepercayaan)
  2. Agent of Equity (Agen Ekuitas/Permodalan) 
  3. Agent of Development (Agen Pembangunan)

Jenis Bank Umum Berdasarkan Statusnya

Disini bisa diperjelas lagi bahwa bank umum juga memiliki kemampuan dalam melayani masyarakat yang luas sehingga bank umum dibagi menjadi 2. Dalam pembagian bank umum ini juga terbagi berdasarkan kedudukan atau status bank. Dimana jika menurut kedudukan maka akan menunjukkan dari suatu kemampuan bank tersebut dalam melayani masyarakat yang bisa dilihat berdasarkan dari jumlah penduduk, modal dan kualitas pelayanan.

Sponsors Link

Apa yang dimaksud dari status bank ?

Apa yang dimaksud dengan status bank maka bisa anda lihat dari segi kemampuan dalam memberikan suatu pelayanan kepada masyarakat, sehingga bank umum dapat dibagi menjadi 2 macam. Dimana pada pembagian tersebut disebut juga pembagian berdasarkan kedudukan atau status bank. Dan juga bisa dilihat dari segi jumlah produk, modal dan kualitas pelayanannya. Sehingga, untuk mendapatkan status tersebut maka dibutuhkan penilaian dengan kriteria tertentu, bisa dijelaskan sebagai berikut ini :

1. Bank Devisa

Bagi anda yang belum mengetahui bank devisa, disini akan dijelaskan tentang Bank Devisa yaitu bank yang ditunjuk oleh Bank Sentral (Bank Indonesia) untuk melakukan kegiatan usaha dibidang perbankan dalam valuta asing. Perlu anda ketahui juga bahwa bank devisa disini juga memiliki beberapa kelebihan yaitu bank devisa ini juga bisa menawarkan jasa yang masih ada kaitannya dengan mata uang asing. Contohnya: transfer uang ke luar negeri, transaksi ekspor dan impor, jual beli valuta asing, dll.

2. Bank Non Devisa

Bank non devisa adalah suatu bank yang belum memiliki izin untuk melaksanakan usaha atau kegiatan transaksi sebagai bank devisa sehingga bank non devisa ini tidak bisa melakukan hal seperti bank devisa yang sudah dijelaskan diatas.

Sponsors Link

Jenis Kegiatan Bank Umum

Kegiatan – kegiatan bank umum :

  1. Menghimpun dana yang berasal dari masyarakat dalam bentuk giro, deposito, sertifikat deposito, dan tabungan;
  2. Memberikan kredit;
  3. Menerbitkan surat pengakuan utang;
  4. Memindahkan uang, baik untuk kepentingan nasabah maupun untuk kepentingan bank itu sendiri;
  5. Menerima pembayaran dari tagihan atas surat berharga dan melakukan perhitungan atau dengan pihak ketiga;
  6. Menyediakan tempat untuk menyimpan barang dan surat berharga; dan
  7. Melakukan penempatan dana dari nasabah ke nasabah lainnya dalam bentuk surat berharga yang tidak tercatat di bursa efek.

Sehingga jika dilihat dari berbagai macam kegiatan diatas sehingga kita bisa mengetahui apasaja manfaat dalam penggunaan bank umum, dimana kemajuan tekhnologi yang semakin canggih dan modern dimana setiap orang menginginkan kemudahan dalam setiap transaksi yang aman. Selain itu dalam bank umum ini juga memberikan hadiah, bunga dan tawaran yang lainnya dimana hal ini untuk menarik masyarakat agar mau menabung uang di bank umum.

Berikut adalah pengertian bank umum dengan tugas, fungsi dan jenis kegiatan yang dilakukan untuk mempermudah anda dalam memahami tentang akuntansi.

Sponsors Link
, , ,