Sponsors Link

Tujuan Laporan Arus Kas

Sponsors Link

Laporan arus kas (cash flow) merupakan laporan yang menyajikan informasi tentang arus kas masuk, kas keluar dan setara kas suatu entitas untuk suatu periode tertentu biasanya satu tahun. Laporan arus kas berguna bagi manajer untuk menilai kegiatan operasional pada masa lalu untuk merencanakan aktivitas investasi dan pembiayaan di masa depan. Perusahaan besar yang mempunyai laba bersih yang sangat besar belum tentu memiliki kas (uang tunai) yang cukup untuk membayar gaji karyawan dan membeli perlengkapan atau kebutuhan operasional. Laba bersih yang didapatkan oleh suatu perusahaan belum menjamin perusahaan tersebut mempunyai uang kas yang cukup untuk membiayai seluruh aktivitas perusahaan.

ads

Laporan arus kas menggambarkan tentang penggunaan uang (kas) yang terdiri dari 3 bagian aktivitas  yaitu operasi, investasi dan pendanaan perusahaan. Penjelasannya yaitu kas dari aktivitas operasi meliputi kegiatan utama sebuah perusahaan yang berimbas pada kas secara langsung seperti pembayaran dan pendapatan atas piutang. Kas dari aktivitas investasi berhubungan dengan perolehan penjualan dan pembelian aktiva tetap. Sedangkan  kas dari aktivitas pendanaan  berkaitan dengan pengurangan dan penambahan modal serta pengertian modal dan jenis jenis modal.

Tujuan Laporan Arus Kas Lebih Lanjut

Tujuan utama dari laporan arus kas yaitu menyajikan informasi tentang penerimaan dan pengeluaran kas dalam suatu periode akuntansi yang sesuai dengan Prinsip Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 2 dengan tambahan aktivitas pendanaan. Laporan arus kas harus memberikan informasi yang relevan tentang penerimaan dan pengeluaran kas suatu unit usaha selama periode tertentu sebagai alat pembayaran yang dimiliki perusahaan yang siap dipakai untuk investasi dan kegiatan operasional perusahaan kapan pun dibutuhkan. Kas terdiri dari semua alat pembayaran yang dimiliki perusahaan yang disimpan di dalam perusahaan dan di bank yang selalu siap digunakan.

Laporan arus kas memiliki tujuan untuk menjadi sarana evaluasi kemampuan entitas dalam menghasilkan kas dan setara kas, waktu dan kepastian dalam menghasilkannya pada periode tertentu dan struktur keuangan entitas (termasuk likuiditas dan solvabilitas), kemampuannya dalam memenuhi kewajiban sehingga terlihat perbedaan biaya dan beban dalam akuntansi serta membayar deviden. Laporan arus kas juga bisa menjadi pos yang menjadi selisih antara L/R periode berjalan dengan arus kas neto dari kegiatan operasi (akrual) sesuai cara membuat laporan laba rugi dan membandingkan kinerja operasi antar entitas yang berbeda karena arus kas neto yang berasal dari laporan arus kas tidak dipengaruhi oleh perbedaan pilihan akuntansi sebagai sistem informasi dan pertimbangan manajemen, tidak seperti basis akrual yang digunakan dalam menentukan laba atau rugi entitas. Laporan arus kas mempermudah pengguna laporan untuk mengembangkan metode untuk menilai dan membandingkan nilai kini arus kas masa depan antar entitas yang berbeda.

Laporan arus kas memiliki tujuan untuk menilai kemampuan entitas dalam memperoleh arus kas pada masa depan sesuai hakikat akuntansi. Laporan keuangan arus kas lebih baik dibandingkan data akrual karena para pengguna bisa membuat prediksi tentang jumlah, waktu dan ketidakpastian tentang arus kas di masa depan dengan memeriksa hubungan antar pos pada laporan arus kas. Laporan arus kas juga untuk menilai kemampuan entitas untuk membayar deviden dan memenuhi kewajiban seperti membayar gaji karyawan, melunasi utang atau membayar deviden.

Melalui laporan arus kas bisa terlihat  perbedaan antara angka laba bersih dan kas bersih yang dihasilkan (digunakan) oleh aktivitas operasi. Keberhasilan atau kegagalan sebuah perusahaan bisnis bisa dilihat dari laba bersih yang diperoleh sehingga informasi atas laba bersih juga sangat diperlukan oleh para pihak-pihak pemakai laporan keuangan. Investasi dan pendanaan kas selama periode tertentu, jumlah aset dan kewajiban sewaktu waktu dapat berubah dikarenakan faktor-faktor tertentu juga bisa dilihat setelah pemeriksaan saldo kas kecil sehingga penyebab perubahan kedua akun tersebut bisa diketahui.

Sponsors Link

Laporan Arus Kas Menjadi Informan yang Rinci

Laporan arus kas memberikan informasi secara rinci tentang perubahan aktiva bersih, struktur keuangan dan kemampuan mempengaruhi kas. Kemampuan perusahaan dalam menghasilkan kas dan setara kas juga bisa diketahui melalui laporan arus kas. Model untuk menilai dan membandingkan nilai sekarang arus kas masa depan dari berbagai perusahaan bisa terlihat dari informasi arus kas historis sebagai indikator jumlah waktu dan kepastian arus kas masa depan.

Kecermatan taksiran arus kas masa depan dan menentukan hubungan antara profitabilitas dan arus kas bersih serta dampak perubahan harga juga bisa dilihat dari laporan arus kas sesuai jenis jenis akuntansi. Laporan arus kas (statement of cash flow) untuk melaporkan penerimaan kas, pembayaran kas, dan perubahaan bersih pada kas yang dihasilkan dari aktivitas operasi serta pendanaan selama satu periode. Informasi dalam laporan arus kas dapat membantu para investor, kreditor, dan pihak lainnya memprediksi jumlah, waktu, dan ketidakpastian arus kas pada masa mendatang.

Sponsors Link

Dengan memeriksa hubungan antara pos-pos seperti penjualan dan arus kas bersih dari kegiatan operasi, arus kas bersih dari kegiatan operasi serta kenaikan atau penurunan kas maka dimungkinkan untuk membuat prediksi yang lebih baik atas jumlah, waktu, dan ketidakpastian arus kas pada masa mendatang yang dibandingkan dengan pemakaian data dasar akrual. Laporan arus kas berdasarkan macam macam rasio keuangan bisa menilai kemampuan entitas untuk membayar dividen dan memenuhi kewajibannya. Jika perusahaan tidak mempunyai kas yang cukup, maka gaji karyawan tidak dapat dibayar, utang tidak dapat dilunasi, dividen tidak dapat dibayar, dan peralatan tidak dapat dibeli. Laporan arus kas menunjukkan bagaimana kas digunakan dan dari mana kas itu berasal. Karyawan, kreditor, pemegang saham, dan pelanggan memiliki kepentingan dengan laporan ini karena menunjukkan arus kas yang terjadi dalam perusahaan. Penyebab perbedaan antara laba besih dan arus kas bersih dari kegiatan operasi juga bisa terlihat.

Angka laba bersih itu penting karena memberikan informasi tenteng keberhasilan atau kegagalan sebuah perusahaan bisnis dari suatu periode ke periode lainnya. Namun beberapa orang telah menyatakan kritik atas laba bersih menurut dasar akrual karena harus membuat estimasi untuk mendapatkan angka laba bersih yang sering diragukan. Hal ini tidak akan terjadi dengan manajemen kas karena laporan keuangan akan mendapatkan manfaat dengan mengetahui penyebab perbedaan antara laba bersih dan arus kas bersih dari kegiatan operasi. Transaksi investasi dan pembiayaan yang melibatkan kas dan nonkas selama satu periode. Dengan memeriksa kegiatan investasi perusahaan berupa pembelian dan penjualan aktiva selain dari produknya dan kegiatan pembiayaan (peminjaman dan pelunasan pinjaman, investasi oleh pemilik, dan distribusi kepada pemilik). Melalui laporan kas dalam catatan atas laporan keuangan, para pembaca bisa memahami dengan baik mengapa aktiva dan kewajiban bertambah atau berkurang selama satu periode tertentu.

Sponsors Link
, , , ,