Sponsors Link

Cara Membaca Laporan Laba Rugi yang Benar dan Mudah

Sponsors Link

Laporan laba rugi termasuk jenis jenis laporan keuangan yang menjelaskan tentang keadaan usaha atau bisnis dari cara menghasilkan uang. Neraca (baca: cara membuat neraca lajur dan cara membuat neraca saldo) dan laporan arus kas termasuk cara membuat laporan laba rugiĀ untuk jangka pendek. Akuntan tentu saja bisa membuat rangkaian laporan keuangan. Sebagai pihak yang membutuhkan laporan keuangan khususnya laporan laba rugi harus tahu cara membacanya. Berikut ini beberapa cara membaca laporan laba rugi.

ads
  1. Dari Atas ke Bawah Garis

Variasi dalam laporan pendapatan perusahaan memungkinkan para pembaca untuk memilih rincian yang berbeda, mulai dari urutan atau menggunakan istilah yang mirip. Tetapi struktur dasar setiap laporan laba rugi biasanya akan selalu sama persis. Baris yang paling atas memberikan total uang yang dimiliki perusahaan sepanjang tahun. Pembaca biasanya akan melihat jumlah uang tersebut secara bertahap mengecil karena semua biaya perusahaan dikurangkan sampai pada “garis bawah” yang disebut laba bersih.

  1. Garis Lain

Perusahaan sering mencatatkan pendapatan atau kerugian dari operasi yang dihentikan. Perusahaan telah menghasilkan keuntungan atau kerugian dari bisnis yang sudah dijual atau ditutup. Contohnya, transaksi bisnis perusahaan menyebabkan kerugian 2.000.000 dari operasi yang dihentikan pada tahun 2012. Tidak usah khawatir karena unit penghapus kerugian kini telah terjual habis dan tidak akan menjadi hambatan Ā lagi. Rasio di bagian bawah terutama laba bersih per saham penting bagi pemegang saham atau calon investor karena membantu untuk menghitung jenis harga saham yang wajar. Misalnya, membagi laba bersih dengan jumlah saham.

  1. Perbedaan Internasional

Sejauh ini laporan keuangan yang dibahas sesuai prinsip prinsip akuntansi adalah format A.S. Ada beberapa perbedaan dengan perusahaan yang berbasis di luar negeri, namun produk tersebut tidak besar. Sudah banyak usaha dalam beberapa tahun terakhir melakukan standarisasi peraturan akuntansi di berbagai negara sehingga struktur dasarnya mudah dikenali. Hal pertama adalah baris pertama menjelaskan “Perputaran”.

Hal itu hanya cara Inggris untuk mengatakan “Pendapatan” dan nomor laba bottom line disebut “laba setelah pajak untuk tahun ini” dan bukan “pendapatan bersih”. Ada juga perbedaan kecil lainnya, misalnya tercantum sedikit lebih tinggi daripada laporan A.S yang disebut “Pendapatan keuangan” atau”Beban keuangan”.

  1. Memperhatikan Unsur Unsur Laporan Keuangan

Laporan laba rugi terdiri dari tiga bagian, yaitu: pendapatan/penjualan, biaya/beban, dan laba. Melihat laporan laba rugi tentu saja yang diharapkan adalah kelebihan pendapatan yang melebihi biaya. Banyak orang percaya untuk menganalisis selama lima tahun senilai data jika ingin melakukan investasi di suatu perusahaan. Setiap laporan pada macam macam akuntansi harus memiliki data tiga tahun, misalnya sebuah laporan tahun 2012 menunjukkan data untuk 2011 dan 2010 juga.

Sponsors Link

Namun, tidak semua laporan laba rugi terlihat sama karena ada dua format untuk laporan laba rugi, yaitu single-step atau multistep. Kedua format memberi informasi bottom-line yang sama. Perbedaannya adalah cara merangkum informasi keuangan agar lebih mudah menganalisisnya.

Format single-step lebih mudah dibuat, tetapi format multistep memberiĀ  sejumlah subtotal sepanjang pernyataan yang membuat analisis hasil perusahaan menjadi lebih mudah. Sebagian besar perusahaan publik menggunakan format multistep, sedangkan perusahaan kecil biasanya menggunakan format single-step.

Itulah beberapa cara membaca laporan posisi keuangan khususnya laporan laba rugi agar memudahkan untuk mengetahui kondisi perusahaan jika memerlukan data demi keperluan analisis atau keperluan lainnya.

Sponsors Link
, , ,