Sponsors Link

Tugas Akuntansi Biaya

Sponsors Link

Salah satu dari bidang bidang akuntansi yang bernama akuntansi biaya dipakai untuk keperluan analisis, penggolongan, dan pencatatan biaya yang dibutuhkan untuk kegiatan operasional seperti biaya produksi dan biaya pemasaran produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan. Akuntansi bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan pihak internal terutama pihak manajemen dan pihak eksternal seperti kreditor, investor, dan lain lain. Informasi biaya berupa jenis jenis laporan keuangan yang terdiri dari neraca, cara membuat laporan laba rugi, dan  arus kas. Tugas akuntansi biaya sebenarnya hampir sama dengan tujuan akuntansi biaya dan manfaat akuntansi biaya.

ads

Adapun tugas akuntansi biaya sebagai berikut.

1. Akuntansi biaya menetapkan suatu metode operasional, perbaikan operasi, prosedur pengendalian dan program pengurangan biaya atau anggaran yang tersedia.

2.  Siklus akuntansi biaya menyediakan macam-macam data tentang biaya yang bisa dipakai untuk mengendalikan kegiatan atau perencanaan perusahaan.

3.  Akuntansi biaya digunakan untuk pencatatan transaksi bisnis perusahaan dalam bentuk laporan-laporan biaya.

4.  Sistem akuntansi biaya perusahaan menyajikan data tentang biaya yang diperlukan dalam pengambilan keputusan.

5.  Akuntansi biaya juga diperlukan untuk menyusun anggaran dana untuk kegiatan perusahaan pada masa yang akan datang.

6.  Akuntansi biaya menentukan harga produk atau jasa yang dihasilkan berdasarkan cara menghitung harga pokok penjualan untuk dijual atau dipasarkan agar menjadi tolak ukur penghasilan yang akan diperoleh perusahaan.

7.  Akuntansi biaya digunakan untuk mengendalikan biaya terutama biaya produksi yang harus diawali dengan menentukan biaya yang akan dikeluarkan agar kegiatan produksi barang atau jasa bisa berjalan dengan baik.

8.  Akuntansi biaya bisa membantu dalam pengambilan keputusan yang diambil dengan menganalisis biaya terkait keberlangsungan perusahaan berupa unsur unsur laporan keuangan.

9.  Akuntansi biaya menyajikan informasi biaya bagi pihak internal dengan menyesuaikan keperluan manajemen agar bisa diambil keputusan yang tepat sehingga bisa memengaruhi perusahaan.

10. Akuntansi biaya menyediakan berbagai macam data tentang biaya-biaya yang dibutuhkan untuk pengendalian kegiatan atau perencanaan perusahaan.

11.  Akuntansi biaya bisa menetapkan metode, prosedur pengendalian, perbaikan operasi, dan program pengurangan biaya atau anggaran.

12.  Akuntansi biaya dapat mengembangkan sistem biaya dan analisis yang berhubungan dengan penentuan harga pokok.

13.  Akuntansi biaya dipakai dalam perencanaan dan pengendalian laba karena menyediakan informasi atau data biaya masa lalu yang diperlukan untuk menyusun perencanaan masa yang akan datang  sehingga biaya untuk masa depan bisa dikendalikan dan menjadi umpan balik (feedback) untuk perbaikan kondisi perusahaan.

Proses kegiatan akuntansi biaya harus tetap berlandaskan pada Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang berlaku. Berbagai macam biaya produksi barang dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan akan dicatat, digolongkan, dan diringkas oleh akuntansi biaya agar laporan biaya yang disajikan berbentuk biaya historis perusahaan karena sudah dikeluarkan untuk seluruh kegiatan perusahaan. Informasi akuntansi yang benar atau relevan akan memengaruhi keputusan manajemen yang tentunya berdampak pada kelangsungan perusahaan pada masa yang akan datang. Laporan akuntansi biaya termasuk dalam bagian akuntansi manajemen karena sama-sama dipakai oleh pihak manajemen perusahaan. Akuntansi biaya lebih bermanfaat bagi pihak internal daripada pihak eksternal perusahaan sehingga akuntansi biaya berkaitan erat dengan akuntansi manajemen.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Akuntansi Biaya